Selasa, 12 Mei 2009

Mengatasi file yang hilang akibat virus

Mengatasi file yang hilang akibat virus
March 9th, 2007 by ramly
Salah satu kenangan mengenai tahun 2006 adalah banyaknya kemunculan berbagai virus lokal. Mulai dari brontok yang fenomenal sampai yang mengatasnamakan pembela keadilan. Saya enggan berkomentar motivasi, tujuan, trus benar salah dari si pembuat virus. Akan tetapi, menurut saya, pembuat virus adalah orang yang cerdik karena memanfaatkan social engineering.

Resiko USB Flashdisk yang menjadi barang umum (karena dipake seluruh penghuni kos) adalah terkena virus. Termasuk juga USB Flashdisk kepunyaan saya. Terkena virus, belum sempat backup data, dan hasilnya folder hilang berganti dengan file application yang menyerupai folder seperti berikut:

Hmm.. panik, lalu?!? saya mencoba command prompt (klik run pada windows lalu ketik cmd lalu enter) untuk melihat apakah folder saya bener-bener hilang.Pindah ke drive-nya flashdisk:
C:\Documents and Settings\igun> e:Cek File yang hilang:
E:\> dir /a
Untunglah masih ada. Berarti pembuat virus masih berbaik hati. Folder saya yang hilang, ternyata disembunyikan menjadi sebuah folder yang bertipe hidden dan system file.
Untuk merubah folder yang berganti tipe tersebut, digunakan perintah attrib. Perintah attrib tersebut berguna untuk menampilkan atau merubah attribut file. Perintah yang saya gunakan adalah:
E:\> attrib -S -H /S /D *
-S : Untuk menghilangkan atribut tipe sistem file
-H : Untuk menghilangkan atribut tipe hidden file
/S : Untuk memproses seluruh folder dan sub-folder
/D : Memproses folder
* : Semua file/folder yang terdapat di USB Flashdisk saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar