Selasa, 12 Mei 2009

Sejarah Komputer

Sejarah Komputer
Swipoa/Abacus (500 SM)
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang mennghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1.Peralatan manual yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2.Peralatan Mekanik yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
3.Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4.Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh Tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa, terutama alat pengolah data pada golongan 2, 3, dan 4. Klasifikasi komputer berdasarkan Generasi juga akan dibahas secara lengkap pada tulisan ini.
Abacus atau Swipoa barangkali merupakan alat hitung tertua yang keefektifannya telah bertahan dari waktu ke waktu. Alat ini sampai sekarang masih digunakansebagai ilustrasi dasar penghitungan.


Mesin Hitung Pascal/Pascaline (1642)
Pascaline, mesin hitung ciptaan Pascal, menggunakan gir (roda gigi)berporos sebagai roda hitung untuk menghitung penjumlahan. Ia menciptakan mesin ini untuk membantu ayahnya, seorang penarik pajak, menghitung penerimaan pajak. Angka-angka pada setiap posisi digit dibuat pada roda sehingga sat uputaran penuh salah satu roda menghasilkan sepersepuluh putaran roda berikutnya.
Blaise Pascal
Blaise Pascal (1623-1662), seorang filsuf dan ahli matematika berkebangsaan Perancis, menemukan dan membuat mesin penjumlahan secara mekanis yang pertama. Sekarang penemuan Pascal ini dihormati dengan penamaan bahasa pemrograman komputer populer yang menggunakan namanya.
Mesin Tenun Jacquard (1805)
Mesin tenun Jacquard diciptakan oleh Joseph-Marie Jacquard (1753-1834)yang berkebangsaan Perancis, mesin ini sampai sekarang masih digunakan.Mesin tenun Jacquard dikendalikan dengan kartu yang dilobangi secara strategis.Kartu berlubang (pons) ini dirangkai untuk menunjukkan rancangan tenunanter tentu.
Mesin Diferensi (Defference (Engine)) 1822-1833
Charles Babbage memperbaiki keadaan piranti penghitung dengan menciptakan"mesin diferensi' yang mampu menghitung tabel-tebel matematika. Sayangnyadia hanya menyelesaikan sebagian dari mesin diferensinya. Sementara iabekerja pada mesin hitungnya, Babbage mempunyai pemikiran untuk membuatsebuah "mesin analitis." Pada intinya, ia membayangkansebuah komputer untuk tujuan umum. Seperti rancangannya, mesin analistisini akan mampu menjumlah, mengurangi, mengalikan, dan membagi secara berurutdan otomatis dengan kecepatan 60 penjumlahan per menit. Pada tahun 1833ia merancang satu mesin yang membutuhkan ribuan gir dan poros yang jumlahnyadapat menutup luasan lapangan sepak bola dan harus digerakkan dengan mesinlokomotif.Babbage terus mengerjakan mesin analistis sampai akhir hayatnya.

Charles Babbage ( 1793-1871)
Konsep yang dipergunakan di dalam komputer tujuan umum sekarang inidiperkenalkan lebih dari seabad yang lalu oleh Charles Babbage, seorangpengkhayal dan guru besar di Universitas Cambridge yang berkebangsaan Inggris.
Lady Ada Lovelace (1843)
Lady Ada Lovelace menyarankan agar kartu-kartu berlubang dibuat dandipergunakan untuk mengoperasikan mesin hitung buatan Babbage sehinggadapat mengulang pengoperasian tertentu. Karena sarananya ini, beberapaorang menyebut Lady Lovelace sebagai pemrogram pertama.
Dr. Herman Hollerith (1884)
Herman Hellirith seorang ahli statistika, mendaftarkan hak cipta untukmesin tabulasi mendaftarkan hak cipta untuk mesin tabulasi dengan kartuberlubang. Gagasan Hollerith untuk membuat kartu berlubang ini tidak diilhamioleh pekerjaan Jacquard atau Babbage, melainkan dari "fotografi lubang".Tiket kereta api yang dikeluarkan secara harian dan dilengkapi dengan ciri-cirifisik penumpang. Kondektur akan melubangi tiket untuk menandai warna rambutdan mata, serta bentuk hidung penumpang. Belakangan putri Hollerith menyatakan,"Tiket itu memberikan gagasan kepada ayah saya untuk membuat 'fotolubang' bagi sriap orang yang akan ditabulasikan, akhirnya 'foto lubang'ini dipergunakan dalam melaksanakan sensus penduduk di Amerika Serikatpada tahun 1890. Hak ciptanya diberikan tahun 1889.
Mesin Tabulasi dengan Kartu Berlubang
Biro Sensus Amerika Serikat tidak dapat menyelesaikan penghitungan sensus1880 sampai tahun 1888. Segera pihak manajemen biro menyimpulkam bahwasensus 10 tahunan akan membutuhkan waktu-waktu lebih dari 10 tahun untukmenyelesaikannya. Biro Sensus akhirnya memberikan wewenang kepada Hollerithuntuk menerapkan keahliannya dalam menggunakan kartu berlubang pada sensustahun1890. Dengan menggunakan kartu berlubang dan mesin tabulasi kartuberlubang Hollerith, sensus itu dapat diselesaikan hanya dalam waktu tigatahun dan proses itu menghemat biaya sebesar $ 5.000.000. Peristiwa inimembuat pemrosesan data secara otomatis mencuat ke permukaan.
Bangunan Kantor Pusat IBM Pertama (1924)
Pada tahun 1896 Herman Hollerith mendirikan Perusahaan Mesin Tabulasi(Tabulating Machine Company) yang pada tahun 1911 melebur menjadisatu dengan beberapa perusahaan lain membentuk Perusahaan PenghitunganTabulasi Perekaman (Computing-Tabulating-Recording Company). Tahun1924, Thomas J. Watson, manajer umum perusahaan ini, mengubah nama perusahaanmenjadi IBM ( International Business Machines Corporation) kemudian pindah ke bangunan ini.
Jaman EAM (1920an Sampai 1950an)
Berpuluh-puluh tahun sampai pertengahan tahun 1950-an, teknologi kartuberlubang meningkat dengan pertambahan lebih banyak lagi piranti kartuberlubang dan kemampuan yang lebih canggih. Keluarga Mesin Hitung Elektromekanis(EAM) yang menggunakan piranti kartu berlubang mencakup pelobang kartu,penguji (Verifier), reproducer, summary punch, penterjemah(interpreter), penyortir (sorter), collator, calculator, dan mesinhitung. Kebanyakan piranti dalam ruang mesin tahun 1940an "diprogram"untuk melaksanakan operasi tertentu dengan memasukkan panel kendali yangbelum berkabel. Seorang operator ruang mesin dalam instalasi kartu berlubangharus mempunyai fisik yang tangguh. Kartu-kartu berlubang dan hasil cetakandipindahkan dari satu piranti ke piranti berikutnya dengan menggunakangerobak dorong.
DR. John Atanasoff (1935)
Selama tahun 1935 sampai 1938, Dr. John Atanasoff, guru besar di UniversitasNegeri Lowa, memulai memikirkan tentang mesin yang dapat mengurangi waktuyang diperlukan untuk menghitung perhitungan matematika yang rumit danpanjang. Keputusan-keputusan yang dibuatnya berkenaan dengan konsep sepertimedia elektronik dengan tabung-tabung hampa, sistem penomoran dengan dasarbilangan 2, memori, dan sirkuit logika memberikan arah pembuatan komputermodern.
ABC (1942)
Dr. Atasanoff dan Clifford E. Berry, salah seorang mahasiswa pasca sarjananya,merangkai prototipe ABC ( Atanasoff Berry Computer), yang pada tahun 1942berubah manjadi model yang dapat bekerja seperti terlihat di samping. Namun,Negara Bagian Lowa, dunia usaha, dan mayarakat ilmiah hanya memberikansedikit perhatian terhadap ABC. Misalnya ketika Dr. Atanasoff menghubungiIBM berkenaan dengan mesin yang disebutnya sebagai "mesin hitung tepat",perusahaan ini menjawab bahwa "IBM tidak akan pernah tertarik padamesin hitung elektronik." Pada tahun 1973 pengadilan federal secararesmi memberikan pengakuan terhadap penemuan komputer digital elektronikotomatis Atanasoff.
MARK (1944)
Komputer elektromekanis pertama, disebut Mark I, merupakan hasil penelitian yang disponsori oleh IBM. Howard Aiken, seorang guru besar di UniversitasHarvard, menyelesaikan pembuatan Mark I pada tahun 1944. Pada dasarnyakomputer ini merupakan sekumpulan seri kalkulator elektromekanis dan mempunyaibanyak kemiripan dengan mesin analitis buatan Babbage. (Aiken tidak mengetahuipekerjaan Babbage.) Mark I merupakan kemajuan yang berarti dalam pengertian karya, tetapi pihak manajemen IBM tetap merasa bahwa komputer elektro mekanis tidak akan dapat menggantikan perlengkapan dengan kartu berlubang.
ENIAC (1946)
Dr. John W. Mauchly (tengah) bekerja sama dengan J. Presper Eckert,Jr. (paling depan), membuat mesin yang mampu menghitung tabel-tabel lintasan peluru untuk tentara Amerika Serikat. Produk akhirnya, komputer yang secarapenuh dioperasikan secara eletronis dan berskala besar diselesaikan pada tahun 1946 dan diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator Computer).Komputer ENIAC (yang diperlihatkan disini), ribuan kali lebih cepat darikomputer elektromekanis sebelumnya, menandai lompatan besar dalam teknologi komputer. Beratnya mencapai 30 ton dan memerlukan ruangan seluas 15.000kaki persegi (1.393,5 persegi). Dengan jumlah tabung hampa lebih dari dari18.000, komputer ENIAC membutuhkan catu daya listrik yang luar biasa besarnya.Suatu lelucon mengatakan bahwa ketika komputer ENIAC yang dibuat di UniversitasPennsylvania diaktifkan, lampu-lampu di kota Philadelpia padam. Karena skala dan komponen-komponen elektriknya yang mengagumkan serta dapat diterapkan secara luas, komputer ENIAC secara umum dianggap sebagai komputer digital elektronik pertama yang fungsional.
UNIVAC I dan Komputer Generasi Pertama (1951)
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Komputer generasi pertama (1951-1959) yang dicirikan dengan tabung hampa,umumnya dianggap sebagai komputer digital elektronis pertama yang diperkenalkansecara komersial. Universal Automatic computer (misalnya UNIVAC I) yangdibuat oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation, dipasangdi Biro Sensus tahun 1951. Akhir tahun itu, CBS News memberitakan UNIVACI secara nasional ketika komputer itu dengan tepat memprediksikan kemenangan Dwight Eisenhower terhadap Adlai Stevenson pada pemilihan presiden AS denganselisih suara hanya 5%. Terlihat di gambar adalah Mr. Eckert sedang memberi instruksi kepada koordinator wartawan (penyiar) Walter Cronkite dalam penggunaanUNIVAC I.
IBM 650 (1954)
Belum sampai UNIVAC I mencapai keberhasilannya, IBM membuat keputusandan berkomitmen untuk membangun dan memasarkan komputer. Komputer IBM pertamayang dipasarkan di pasar komputer komersial adalah IBM 701 pada tahun 1953.Namun demikian IBM 650 yang diperkenalkan pada tahun 1954 barangkali merupakanproduk yang membuat IBM menikmati pangsa pasar komputer yang sehat saat ini. Tidak seperti beberapa pesaingnya. IBM 650 di rancang sebagai peningkatan logika bagi mesin kartu berlubang yang masih ada. Manajemen IBM semakin bertambah kuat dan memperkirakan penjualan sebesar 50 unit, angka yang jauh lebih besar dari jumlah komputer yang dipandang di AS pada waktu itu.Sebenarnya IBM memasang lebih dari 1000 komputer. Sisanya merupakan suatu sejarah tersendiri.
Honeywell 400 dan Komputer Generasi kedua (1959)
Penemuan transistor menandai dimulainya komputer generasi kedua (1959-1964).Komputer yang menggunakan transistor berkemampuan lebih baik, lebih terpercaya,dan lebih murah, lebih menghemat tempat serta mengakibatkan panas yang lebih kecil dibandingkan dengan komputer yang menggunakan tabung hampa.Honeywell komputer membuat dirinya sendiri menjadi pemain utama dalam computer generasi kedua. Pesaing-pesaing IBM terbesar selama tahun 1960-an sampai permulaan tahun 1970-an, seperti Burroughs, Univac, NCR, CDC, dan Honyewell,dikenal dengan nama BUNCH (merupakan rangkaian huruf-huruf awal tiap nama).
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

PDP-8 (1963)
Selama tahun 1950an sampai awal tahun 1960an, hanya perusahaan-perusahaan yang sangat besar yang mampu membeli komputer dengan harga enam dan tujuh digit. Pada tahun 1963 Digital Equipment Corporation memperkenalkan PDP-8.Komputer ini secara umum dianggap sebagai komputer mini pertama yang sukses.Dengan harga $ 18.000, PDP-8 yang berbasis pada transistor dengan segera mencapai keberhasilannya. Komputer ini membuktikan kebutuhan yang sangat mendesak akan komputer-komputer yang berukuran kecil bagi penggunaan perusahaan dan ilmiah. Menjelang tahun 1971, lebih dari 25 pabrik membuat komputerkecil. Digital dan Data General Corporation segera memimpin dalam penjualan dan pembuatan komputer mini.
IBM Sistem 260 dan Komputer Generasi Ketiga (1964)
Salah satu peristiwa yang dibagi beberapa penulis sejarah komputer dianggap paling penting dalam sejarah komputer adalah saat diumumkannya Komputer Sistem 360 oleh IBM pada tanggal 7 April 1964. Sistem 360 jalur dipergunakandalam komputer generasi ketiga (1964-1971). Sirkuit terpadu menjalankan pengoperasian komputer generasi ketiga seperti transistor menjalankan computer generasi kedua. Business Week yang melaporkan pengumuman IBM berkenaan dengan sistem 360 jalurnya, menulis "Di dalam cerita dari tahun ketahun tentang perubahan-perubahan besar produk, perubahan ini seperti Ford beralih dari model T ke Model A." Sistem 360 dan komputer-komputer generasi ketiga dari fabrikan lain membuat seluruh komputer yang dibangun sebelumnya menjadi usang.
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chiptunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen
dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Sirkuit Terpadu dan komputer Generasi keempat (1971)
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.



Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam(palmtop).


IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputerkomputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.Kebanyakan penjual komputer mengklasifikasikan komputernya sebagai komputer generasi keempat. Beberapa orang lebih suka menyatakan bahwa tahun 1971merupakan permulaan dari komputer generasi keempat, dengan diperkenalkannya penggabungan sirkuit-sirkuit elektronik berskala besar (lebih banyak sirkuitper unit ruang).
Dasar teknologi komputer sekarang ini masih tetap sirkuit terpadu. Pernyataan ini tidak dimaksud untuk menyatakan bahwa selama dua dasawarsa ini dilewatkan dengan tanpa inovasi yang cukup berarti. Sebenarnyaindustri komputer telah mengalami keberhasilan yang menumpulkan otak karena kemajuan pesat dalam miniaturisasi sirkuit, komunikasi data, rancangan perangkat keras dan lunak, serta piranti input/output.
Apple II (1977)
Sebelum tahun 1975 dan tidak terlalu lama setelah diperkenalkan computer pribadi (PC) Altair 8800 telah tersedia bagi perseorangan dan perusahaansangat kecil. Peristiwa ini telah membawa perubahan yang terus menerus dalam masyarakat mengenai penerimaan mereka terhadap komputer. Tentu sajake beranian mengambil resiko usaha yang paling menonjol selama tahun - tahunpertama PC adalah komputer Apple II . Dua orang muda penggemar komputer, Steve Jobs dan Steve Wozniak (saat itu masing-masing berumur 21 tahundan 26 tahun), bekerja sama untuk menciptakan dan menbangun komputer AppleII-nya sendiri secara tambal sulam dalam garasi jobs. Tujuh tahun kemudian,Apple Computer masuk dalam daftar Fortune 500, sebuah daftar yang memuat 500 perusahaan terbesar di Amerika Serikat.
PC IBM (1981)
Pada tahun 1981 IBM melemparkan topinya ke gelanggang komputer pribadi dengan mengumumkan PC IBM. Pada tahun pertama 35.000 komputer terjual.Pada tahun 1982, 800.000 komputer terjual, dan PC IBM dengan sendirinya menjadi standar bagi industri mikro. Ketika penjual perangkat lunak mulaimengarahkan peroduk-produknya ke PC IBM, banyak pabrikan komputer menciptakandan menjual tiruan (clones) PC IBM. Kelompok-kelompok ini disebut IBM-PCcompatibles, menyebabkan kebanyakan perangkat lunak dirancang bagiPC IBM.
Teknologi Komputer Saat Sekarang
Teknologi komputer yang ada saat sekarang ini berukuran lebih kecil,namun mempunyai kecepatan proses yang jauh lebih tinggi, harga yang lebih murah dan lebih berdaya guna bila dibandingkan dengan generasi ENIAC. Karena Melonjaknya produksi komputer mikro, pemakai pribadi yang bukan professional dalam bidang komputer saat ini merrupakan pengguna mayoritas. Untuk membuat komputer lebih bersahabat , banyak perusahaan komputer mengembangkan GraphicalUser Interface (GUI) yang dapat memberikan gambar dan menu (daftar pilihanperintah) yang dapat dipilih oleh pengguna hanya dengan menggunakan mouse.GUI ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 oleh Apple dan dipergunakandalam Macintosh.
Macintosh juga telah mengembangkan GUI yang serupa yang dikenal dengan nama Windows. Selain itu kebanyakan program terapan yang beru sekarang dilengkapi dengan tutorial dan menu bantu yang cukup luas bagi para penggunabaru.



Sejak tahun 1981 industri komputer micro telah terpisah yaitu antarakomputer mikro Apple dan komputer mikro IBM. Kedua kelompk ini tidak dapat mempergunakan program-program yang sama. Pada tahun 1991, Apple dan Motorolla memasuki kesepakatan bersama yang menghasilkan pengembangan komputer mikro yang dapat dipindah-pindahkan antara data Macintosh dengan data IBM. Bahkan kedua kelompok ini telah berpacu untuk sering meningkatkan kecepatan maupun kemampuan masing-masing produknya.


















GENERASI KOMPUTER

SEJARAH SINGKAT KOMPUTER

Bila dilihat sejarahnya, komputer sebagai alat hitung ternyata telah digunakan manusia sejak lama. Sejalan dengan perkembangan pikiran manusia, komputerpun makin sempurna mulai dari bentuk hingga kemampuannya. Perkembangan ini dapat dibagi dalam dua masa, yakni:

Zaman Komputer Mekanik
Untuk mempermudah aktifitasnya, manusia sejak dulu membutuhkan alat hitung, misalnya untuk perbintangan, perdagangan dan lain-lain. Alat yang digunakan mulanya sangat sederhana, terbuat dari kerikil, tulang dan benda-benda lainnya. Hasil penyelidikan ahli sejarah menyebutkan bahwa alat hitung yang pertama diciptakan manusia adalah Abacus atau Spoa sekitar 25.000 tahun yang lalu oleh bangsa Cina. Sampai sekarang spoa masih banyak dipakai. Sedangkan di Peru, bangsa Inca menggunakan alat hitung Quipus, berupa tali yang disimpul-simpul, tiap simpul melambangkan nilai bilangan tertentu.

Kemudian setelah itu tahun 1642 di Perancis, Blaire Pascal membuat sebuah mesin hitung yang hanya bisa melakukan operasi penjumlahan saja, disebut Adding Machine. Alat itu kemudian disempurnakan Von Leibnitz (Jerman) hingga dapat melakukan operasi matematik yang lainnya (1673). Dalam abad yang sama di Eropa, diciptakanlah sebuah alat hitung khusus perkalian oleh John Napier. Alat itu disebut "Napers Bone" karena dibuat dari tulang-tulang (bone).
Pada tahun 1812, Charles Babbage dari Inggris membuat model mesin hitung mekanik yang diberi nama Difference Engine (Mesin pembeda). Menurut rancangannya, komputer dapat bekerja dengan kendali program. Sayangnya konsep itu tak sempat terwujud hingga akhir hayatnya. Namun dengan ciptaannya itu Babbage dianggap sebagai peletak dasar konsep komputer modern.

Zaman Komputer Elektronik
Sejak ditemukannya listrik oleh Michael Faraday, berkembanglah alat-alat yang menggunakan tenaga elektris, termasuk komputer. Rancangan komputer elektronik dibuat pertama kali oleh John Atanasoff dari AS pada tahun 1942. Terus berkembang hingga sekarang. Era ini dapat digambarkan dalam periodisasi berikut:

1. Komputer Generasi I (1946-1959)
Pada tahun 1946, John Mauchly dan J. Presper Eckert dari Universitas Pennsylvania AS, membangun unit komputer elektronik yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Beratnya mencapai 18 ton dan tersusun dari sekitar 18.000 buat tabung hampa. Mesin ini mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 15 detik, yang bila dikerjakan manusia yang ahli pun dibutuhkan waktu 10 jam.
Ciri komputer generasi pertama adalah :
- Menggunakan lampu tabung (Vacuum tube) sebagai komponen yang utama.
- Ukuran per unit komputernya sangat besar dan berat.
- Mudah dan cepat panas sehingga dibutuhkan banyak alat pendingin dan juga tidak tahan lama.
- Energi listriknya boros.
- Prosesnya lambat
- Ketepatan hasil proses sangat rendah.
- Daya tampung (kapasitas) data sangat kecil
Selain komputer elektronik jenis ENIAC masih ada komputer jenis lain, diantaranya:
- ESDAC (Elektronic Delayed Storage Automatic Computer) : Komputer ini sudah dapat menyimpan program.
- UNIVAC (Universal Automatic Computer) : Komputer ini menggunakan pita magnetik untuk menyimpan input dan outputnya.
- EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) : Komputer ini hampir sama dengan jenis ESDAC, namun kecepatannya lebih tinggi.
- IBM 650 : Komputer ini menggunakan magnetic drum untuk menyimpan data eksternal.
Perkembangan lain dari jenis diatas tadi adalah pada usia ini sudah diciptakannya bahasa tingkat tinggi FOR TRAN (Formula Translator) pada tahun 1957, kemudia pada tahun 1958 adalah bahasa LISP (List Programming)

2. Komputer Generasi II (1959-1965)
Komponen utama untuk penyusunan komputer ini adalah transistor. Komponen ini lebih unggul segalanya dari pada tabung hampa, namun dengan harga jual yang lebih murah. Dengan demikian segala kelemahan generasi pertama telah diperbaiki pada generasi ini atau generasi kedua.
Komputer yang termasuk generasi ini adalah antara lain :
- IBM 401
- 1602
- 7094
- UNIVAC III
- Honeywell 300
- dan masih banyak lagi
Perkembangan lain adalah munculnya bahasa COBOL (Common Businnes Languange) pada tahu 1960 dan BASIC (Beginner's All Purposes Symbolic Instruction Code) pada tahun 1964.

3. Komputer Generasi III
Fungsi transistor sebagai komponen utam digantikan oleh IC (Integrated Circuits) atau rangkaian terpadu. Sekeping IC (Chip) yang dibuat dari silikon dapat menggantikan kerja beberapa transistor, diode dan resistor sekaligus. Dengan demikian segala aspek akin disempurnakan. Ukuran fisiknya makin kecil, namun kecepatan dan ketepatan lebih tinggi, kapasitas lebih besar, juga dimungkinkan komunikasi antar komputer.
Contoh komputer generasi ini adalah: IBM System/360, UNIVAC 9000 dan sebagainya. Dan bahasa yang dikembangkan pada masa ini diantaranya adalah PL/1 pada tahun 1966 dan tahun 1970 adalah bahasa Pascal.

4. Komputer Generasi IV (Tahun 1970 sampai sekarang)
Komponen utama penyusun komputer ini adalah VLSI (Very Large Scale IC), yaitu IC yang ditingkatkan kemampuannya hingga ratusan ribu kali dengan ukuran fisik makin kecil. Komputer-komputer yang beredar saat ini termasuk dalam generasi ini, misalnya IBM Personal Computer, IBM Personal System dan sebagainya.
Bahasa yang diciptakan pada masa ini adalah PROLOG (Programming In Logic) pada tahun 1972 dan bahasa C pada tahun 1974.

5. Komputer Generasi V
Komputer pada generasi ini baru akan dikembangkan oleh negara maju seperti AS dan Jepang, kedua negara ini baru merancang komputer yang dapat berfikir sendiri dan bertindak sendiri. Komponen utamanya adalah AI (Artificial Inteligence) atau kepandaian buatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar